Hargailah Waktumu

Hargai waktumu Segala sesuatu mudah bagi Allah Swt,sekalipun menghimpun seluruh umat manusia pada hari kiamat yang telah ditetapkan-Nya. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan Selain Allah Swt, yang tiada sekutu bagi-Nya, guna untuk memberikan balasan pahala atau siksa,



Ketika itu, beruntunglah manusia - manusia beriman yang kala di dunia ia pandai memanfaatkan waktu hidupnya dengan menghadiri majelis-majelis kebaikan yaitu majelis dzikir, dan mengerjakan berbagai amal ibadah. Sebaliknya, sungguh akan menyesal dan merugi, mereka-mereka yang telah menghabiskan umur serta waktunya selama ia hidup di dunia hanya digunakan untuk bermaksiat, Padahal dihari itu tiada guna penyesalan.

Wahai hamba Allah Swt, ada dua perkara yang menyebabkan umat Rasulullah Saw ini kerap kali dilanda Musibah dan Bencana. Namun sayang sekali, mereka tidak menyadari, bahkan tidak mempedulikan perkara ini sama sekali, Sekalipun Nabi Muhammad Saw selalu mengingatkan kita semua akan hal ini,

Dua perkara itu adalah :
Pertama, kita tidak pernah menghargai waktu, kesempatan, dan umur yang telah dianugerahkan Allah Swt kepada kita, Sekarang ini umumnya kita telah menyia-nyiakan waktu dan membuangnya untuk hal-hal yang sia-sia, sebagian lagi menghabiskan waktu dalam perbuatan makruh bahkan sebagian lagi menggunakannya untuk kemaksiatan yang diharamkan oleh Allah Swt dan Rasul-Nya.

Padahal perbuatan ini jelas-jelas akan mengundang amarah dan kemurkaan Allah Swt, Namun hal ini mereka abaikan begitu saja, maka tidaklah mengherankan, apabila bencana demi bencana mulai merebak di negeri-negeri kaum muslimin, karena pada hakekatnya kita sendiri yang telah mengundang bencana itu dari sisi Allah Swt,

Yang Kedua, adalah pergaulan dan persaudaraan yang tidak lagi dilandasi dengan sebuah niatan yang baik, ketika umur dan waktu terbengkalai, ketika perkawanan tidak lagi dilandasi dengan sebuah niatan yang baik, niat yang tulus, maka kerusakan akan merajalela, fitnah dan cobaan akan terus mendera umat ini, tak peduli dimanapun kita berada.

Sayyidina Muhammad Saw dalam banyak sabdanya, telah mengingatkan kita agar memanfaatkan waktu dengan semaksimal mungkin, dan mendasari pergaulan dengan niat yang sholeh, semua itu demi kebaikan kita sendiri, namun sungguh sayang, orang-orang sudah menutup telinga dan mata mereka, berapa banyak diantara mereka yang tak lagi berniat mendengarkan seruan Nabi Muhammad Saw.

Sadarlah Wahai kaum muslimin... Ingatlah wahai hamba Allah Swt... Waktu adalah esensi kehidupanmu. Waktu adalah kesempatanmu untuk berkarya. Umurmu adalah peluang yang diberikan kepadamu. Berharga atau Tidaknya hidupmu bergantung terhadap bagaimana engkau memanfaatkan usiamu itu. Perhatikan ini wahai kaum muslimin.

Sebagaimana sabda Sayyidina Muhammad Saw : "Di hari pembalasan nanti, dua telapak kaki seorang hamba akan tertahan di jembatan shirat, tak akan beranjak dari tempat itu hingga ia ditanya mengenai empat hal :
untuk apakah seluruh umur hidupmu ?
digunakan untuk apa usia muda ?
dari mana kamu mendapatkan harta dan digunakan untuk apa ?
Sudahkah ilmu yang kau dapatkan untuk diamalkan ?"

Wahai kaum muslimin oleh karena itu, pergunakanlah waktu dengan kegiatan yang baik, gunakanlah umurmu untuk mendapatkan keridhoan Allah Swt dan Rasul Saw, janganlah kita buang-buang begitu saja waktu dan umur kita, Ikatlah tali persaudaraan dan pergaulan dengan asas yang baik untuk tujuan yang penuh manfaat.

Sabda Rasulullah Saw : "ketika seseorang menjalin sebuah pertemanan, meskipun hal itu hanya sejenak, kelak pada hari pembalasan, ia akan ditanya mengenai perkawanannya itu, apakah dalam pertemanan itu ia melaksanakan hal-hal yang diridhoi Allah Swt ataukah justru ia melupakannya ?" oleh karena itu, salinglah kita untuk selalu menasehati satu sama lain di jalan Allah Swt dengan baik dan bersabarlah terhadap semua kejadian yang kalian tidak sukai.

Kita sudah sering membuang-buang waktu yang Allah Swt anugerahkan kepada kita untuk hal-hal yang tidak mendatangkan manfaat, Berapa banyak diantara kita yang lebih banyak mengisi waktunya untuk bermaksiat kepada Allah Swt dan Rasul Saw, ketimbang untuk berbuat ketaatan yang mendatangkan keridhaan Allah dan Rasul Saw.

Marilah kita renungkan sejenak tentang rutinitas kita sehari-hari, kemanakah malam-malam kita selama ini ? untuk apakah umur kita dihabiskan ? apa yang kita kerjakan antara waktu maghrib dan isya' ? apa saja aktifitas kita sehari semalam ? tempat manakah yang lebih banyak kita kunjungi ? tempat perkumpulan yang mengingatkan kita kepada Allah Swt atau tempat-tempat yang menjadi ajang melupakan Allah Swt dan Rasul Saw.

Telah digambarkan oleh Sayyidina Muhammad Saw dalam sebuah hadistnya : "Manusia yang paling besar penyesalannya di akhirat kelak adalah mereka yang punya kesempatan untuk membaca al-quran, namun justru mereka sia-siakan waktu kesempatan yang agung itu."

Wahai hamba Allah.. Ketahuilah , bahwa segala sesuatu yang dilandasi sengan sebuah niat yang baik dan tujuan yang mulia, yaitu hanya untuk menggapai ridho Allah swt dan Rasul Saw, maka hal itu akan membuahkan kebaikan- kebaikan dalam diri kita, dan kalau kita telah menanam kebaikan, pada hakikatnya kita akan memperoleh keridhoaan Allah Swt, jika Allah Swt ridho, maka tiada balasan yang pantas bagi hamba tersebut kecuali surga Allah Swt yang begitu indah.

Ya Allah Bimbinglah kami kepada jaln kebaikan-Mu tetapkanlah rahmat-Mu untuk kami, Siramkanlah anugerah-anugerah-Mu kepada kami, perbaikilah dzahir dan batin-batin kami, perindahlah niat serta tujuan kami, Sinarkanlah segala macam dan bentuk kesulitan kami, Kami memohon kepada yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang.


Al-Habib Umar bin Hafidz

Tidak ada komentar:

Posting Komentar